seni ukiran jepara mempunyai filosofi tentang kehidupan

Ukiran jepara adalah salah satu jenis seni kerajinan tangan yang telah lama diwariskan turun temurun dari masyarakat jawa, khususnya Jepara, dengan Hasil kerajinan Ukiran kayu Jepara yang berkembang luas hingga mancanegara. seni ukiran jepara mempunyai filosofi yang sangat dalam maknanya yang tertuang dalam sebuah seni ukir, sehingga ukiran Jepara sangat diminati oleh masarakat hindia belanda bahkan mancanegara hingga sekarang. kayu adalah bahan alami yang sangat cocok untuk di jadikan bahan yang dapat digunakan untuk kebutuhan seni ukir.

Asal mula sejarah seni ukiran jepara

Kursi raja jati ukiran jepara kualitas terjamin mebel jepara
Kursi raja ukiran jepara
Meja hias jati motif emas ukiran jepara terbaik dan paling murah mebel jepara
Meja hias ukiran jepara

kesenian ukir sangat digandrungi masyarakat Jepara memang sangat erat kaitanya dengan seni pahatan batu yang di bawa oleh orang India jaman dulu ke pulau jawa. india yang memang sudah sangat maju di bidang kesenian ukiran atau pemahatan pada masa itu juga ada hampir 100 jenis kayu yang tumbuh subur di Jepara hal itu pula yang menunjang faerah jepara menjadi tumbuh suburnya kesenian ukir tersebut. karna banyak tumbuhan kayu diĀ  jepara itulah ,menjadikan jepara salah satu daerah di pulau jawa yang paling banyak menyerap kesenian yang berasal dari india tersebut.

Sejarah panjang seni ukiran jepara

di tanah Jawa banyak tercatat dalam catatan sejarah salah satunya dalam sejarah Jawa kuno yang menyebutkan bahwa, sejarah asal motif ukir asal jepara berasal dari saudagar saudagar dari India jaman dulu, yang membawa jenis pahatan dari batu-batuan atau patung, yang kemudian dibawa ke pulau Jawa,hal inilah yang kemudian menjadi cikal bakal kerajinan ukir jepara bermula. Pahatan dari batuan atau lebih singkatnya patung inilah, yang kelak lambat laun masuk ke daerah Jepara yang memang salah satu pusat tumbuhnya ratusan jenis kayu sehingga kesenian tersebut dapat di serap dengan baok olrh masarakat lokal jaman dulu. seni ukir dari batu-batuan yang berasal dari india tersebut,kemudian berevolusi menjadi salah satu jenis ukir kayu jepara. Motiv ukiran dari kayu-kayuan yang paling sering digunakan oleh, masyarakat Jepara jaman dulu adalah motiv ukir bunga dan motiv tumbuh-tumbuhan. Seni ukir Jepara juga dikait-kaitkan dengan asal muasal bentuk rumah adat Jawa Tengah, yang bernama rumah joglo. memang banyak mengandung kemiripan dengan motif ukiran asal Jepara jaman dulu akan tetapi informasi yang tersedia sangat simpak siur sehingga masih di ragukan keaslian sejarahnya.

Kesimpulan jejak seni ukir jepara

yang masih menjadi misteri dalam sejarah asal muasal seni ukir Jepara adalah, apakah Jepara adalah daerah pertama yang menyerap seni ukiran yang berasal dari India tersebut? Sejarah tersebut memang masih timpang tindih kebenarannya, dikarenakan tidak ada catatan yang tertulis secara jelas,apakah ukiran Jepara yang meniru dari jenis rumah adat joglo Jawa Tengah, ataukah rumah joglo adat Jawa tersebut yang meniru, dan di buat pertamakali dari motiv ukir masyarakat Jepara! Jika kita pikir secara logika,pada kesimpulanya, jepara adalah salah satu daerah di pulau Jawa yang memang paling banyak menyerap seni ukir itu memang benar adanya, dan salah satu pusat seni ukir yang dulu berasal dari India tersebut. hal itu dapat di simpulkan, ukiranĀ  yang terdapat pada rumah joglolah yang mengadopsi, atau di buat oleh masarakat jepara pertama kali. Kesimpulan tersebut terbukti hingga sekarang, di lihat dari kebanyakan masyarakat Jepara, yang didominasi oleh masyarakat yang bermata pencaharian sebagai pengrajin seni ukir jepara asli pribumi, yang telah turun temurun mewarisi bakat seni selama ratusan tahun hingga sekarang. Menjadi salah satu bukti sejarah sejarah kelam dari mana dan bagaimana seni ukir masuk ke tanah jawa kusus nya di jepara. Itulah sejarah singkat asal mula ukiran Jepara. Jika ada pertanyaan silahkan komentar atau bisa menghubungi email kami.

×
Call us